Tweeter Suara Panggil Walet

Tweeter Suara Panggil Walet

Apakah yang dimaksud dengan tweeter panggil ? Untuk anda yang sudah lama berkecimpung di dunia burung walet pastinya sudah kenal dan familiar dengan yang dimaksud dengan tweeter suara panggil, namun bagaimana dengan pemula yang baru atau akan terjun di dunia per ‘burung’ an ?

Pada kesempatan kali ini admin akan berusaha menjelaskan sedikit secara khusus tentang jenis – jenis tweeter atau speaker yang biasa ataupun sering dipergunakan sebagai suara pemanggil di rumah burung walet.

Tweeter atau speaker panggil merupakan suatu alat yangmengeluarkan suara dalam hal ini suara yang dikeluarkan adalah suara burung walet yang dimana berguna untuk memanggil burung walet untuk datang mendekati dan berkumpul di rumah burung walet, alat yang digunakan di sebut speaker, sama persis seperti speaker dirumah anda yang dipergunakan untuk mendengarkan suara music, di handphone, di tv, di radio, dan sebagainya. Namun jenis speaker yang umum dipergunakan di RBW ( Rumah Burung Walet ) adalah jenis khusus mengeluarkan suara tajam atau frequency tinggi, sehingga umum di sebut tweeter.

Tweeter yang umum dipergunakan sendiri ada dua jenis yaitu jenis magnet dan jenis piezooelectric. Pada kesempatan lain akan admin buat tulisan jenis – jenis tweeter ini.

Tweeter sendiri artinya adalah jenis speaker atau alat yang merubah dari energi listrik menjadi energi suara seperti speaker, namun suara yang dikeluarkan adalah suara frequency tinggi.

Mengapa jenis speaker yang dipergunakan adalah jenis tweeter, dan bukan jenis midle ataupun bass ? Hal ini karena jenis suara speaker yang dibutuhkan adalah berjenis frequency tinggi, karena suara burung walet mengeluarkan suara dengan frequency yang tinggi ataupun dengan kata lain suara yang dikeluarkan oleh burung walet adalah melangking, jadi penggunaan speaker dengan jenis middle ataupun bass tidaklah cocok. Apakah sampai disini anda sudah faham mengapa jenis speaker yang dipergunakan adalah jenis tweeter atau suara tajam ? Baik, jika anda sudah faham mari kita lanjutkan lagi…. jangan lupa kopinya di seruput, jika anda pengopi, jika bukan silahkan minum dulu segelas air putih biar tenggorokan tidak kering membaca tulisan ini, hehehe.

Tweeter untuk suara panggil di pasang di Lubang Masuk Burung atau kita singkat LMB. Cara pemasangan tweeter panggil dengan cara di tempatkan di bibir LMB baik itu di samping kiri atau kanan, maupun di atas atau dibawah, tidak ada aturan aku dalam penempatan posisi tweeter suara panggil di LMB. Banyaknya tweeter yang dipasang juga bervariasi, bisa satu buah, bisa dua buah ataupun lebih. Namun jika menggunakan tweeter berjenis magnet, cukup maksimal dua buah karena tweeter jenis magnet lebih nyaring suara yang dikeluarkan, karena jika suara yang terlalu nyaring juga tidak baik untuk tweeter panggil di LMB.

Untuk sekarang cukup cukup sampai disini dulu tulisannya, jika ada kesempatan akan admin sambung lagi. Admin mau seruput kopi dulu….

 

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Open chat
Ada yang bisa kami Bantu ?